AVR Genset

Kebanyakan orang tidak paham dan tidak mengerti apa itu AVR Genset? Disini penulis akan menjelaskan tentan apa itu AVR Genset

AVR Genset merupakan kepanjangan dari kata Automatic Voltage Regulator. AVR berfungsi sebagai menjaga keseimbangan atau stabilitas voltasi tegangan listrik dari sebuah genset ketika berhadapan dengan beban listrik yang kerap berubah – ubah saat mensuplai listrik ke seluruh peralatan – peralatan elektronik yang di aliri oleh tegangan listrik.

Tegangan listrik yang tidak beratur dan tidak setabil akan mengakibatkan dampat yang sangat buruk pada perangkat listrik yang sering kita gunakan termasuk genset maka dari itu AVR sangat diperlukan dan karena alasan tersebut membuat skema AVR Genset wajib digunakan. Misalkan menggunakan TV yang pada saat dihidupkan membutuhkan tegangan sebesar 220 volt namun ternyata pengeluaran dari genset kurang daro 220 volt maka beberapa komponen di dalam power supply akan mengalami kerusakan karena overload atau diluarbatas yang ditentukan. Kekurangan tegangan akan membuat regulator power supply cepat mengalami kerusakan maka ketika sebuah genset memiliki AVR maka kondisi tersebut dapat di minimalisir oleh AVR sehingga TV anda dapat berjalan lebih aman dan tidak mengalami kerusakan yang berat.

Prinsip kerja AVR Genset yaitu mengatur bagian arus penguatan atau sering disebut juga dengan istilah excitacy pada bagian exciter. Jika kondisi tegangan keluaran dari genset berada pada bagian bawah tegangan minimal, maka bagian AVR genset otomatis menaikkan besaran tegangan output dari genset sesuai kebutuhan. Dan begitu sebaliknya, jika output tegangan dari genset terlalu tinggi, maka bagian sel volta akan menurunkannya. Berikut cara mengetahui avr genset (generator) rusak.

Begitu juga dengan sistem yang diterapkan oleh komponen AVR tersebut, yang menerapkan prinsip reflek untuk dapat menyesuaikan tegangan atau voltase terhadap generator set atau genset jika secara tiba-tiba terjadi perubahan-perubahan beban.

Secara umum, saat ini tiap-tiap unit genset biasanya sudah ditanami oleh komponen AVR ini, apalagi bagi genset yang memiliki kapasitas diatas 10 KVA. Selain itu, tiap-tiap merek genset juga memiliki komponen AVR yang unik dan berbeda-beda. Jadi bila komponen AVR yang ada pada genset Anda rusak, pastikan terlebih dahulu apa mereknya sebelum Anda memutuskan untuk mengganti dengan AVR yang baru.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*