Categories
Uncategorized

Cara Merawat Genset Solar Agar Tetap Awet

Genset solar biasanya dibutuhkan untuk mengatasi peristiwa pemadaman atau mati listrik gedung dengan kebutuhan listrik tinggi seperti rumah sakit, hotel, universitas dan lain sebagainya. Mesin genset pasti membutuhkan perawatan secara khusus agar tetap berumur panjang atau awet sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk menjaga agar genset selalu awet maka Anda harus mengetahui beberapa sistem yang menyusun genset. Pada dasarnya mesin yang mampu mengubah energi kinetik atau gerak menjadi energi listrik ini tersusun dari beberapa sistem. Sistem-sistem penyusun genset diantaranya adalah kelistrikan, bahan bakar, sistem pembuangan, pemanas, pelumas dan juga pendingin.

Bagi Anda pemilik genset wajib merawat sistem penyusun tersebut dengan baik. Berikut ini adalah cara merawat sistem penyusun dari genset solar agar tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama:

  • Kelistrikan

Sistem kelistrikan merupakan bagian penting yang menyusun genset. Sistem kelistrikan genset terdiri dari baterai (dinamo) dan juga kabel yang menghubungkan sistem satu dengan yang lainnya. Biasanya yang sering dihadapi adalah kabel putus yang disebabkan karena dimakan tikus. Sehingga sering sekali ketika Anda menyalakan genset, maka genset tidak menyala. Untuk mengatasi hal tersebut lebih baik untuk melakukan pemeriksaan secara rutin agar Anda dapat mendeteksi lebih dini jika ada kabel yang putus.

  • Bahan bakar

Pada tabung penyimpanan bahan bakar dalam hal ini solar biasanya sangat sering mengalami kebocoran. Akibatnya genset tidak dapat berfungsi karena konslet akibat adanya solar yang keluar dan mengenai bagian sistem kelistrikan. Sehingga Anda perlu juga melakukan pemeriksaan pada bagian ini.

  • Sistem pembuangan

Sistem pembuangan genset terdiri dari manifols, pipa knalpot, gasket, muffler dan masih banyak lagi. Pada bagian sistem pembuangan Anda harus dengan rutin melakukan pemeriksaan agar genset tetap dapat bekerja dengan baik. Dimana bagian tersebut sangat rentan dengan polusi udara yang cenderung tidak ramah lingkungan.

  • Sistem pelumas

Agar mesin tahan lama sebaiknya Anda selalu mengganti pelumas secara berkala dan sesering mungkin, bahkan jika perlu Anda lakukan sehari sekali. Dimana bagian sistem ini sangat berpengaruh terhadap sistem pendingin dan juga sistem pemanas genset.

  • Sistem pemanas

Anda harus memeriksa bagian ini dengan rutin dan pastikan sistem pemanas bekerja dengan stabil. Karena jika sistem tersebut bermasalah dapat mengganggu bagian kelistrikan genset.

  • Sistem pendingin

Untuk menjaga sistem pendingin bekerja dengan baik perlu periksa cairan atau air pada sistem tersebut. Karena air tersebut berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Itulah hal terkait cara merawat genset solar agar tetap awet yaitu dengan cara rutin melakukan pemeriksaan sistem-sistem penyusun genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *