Ini adalah cara genset otomatis bekerja

Mesin genset otomatis umumnya memiliki panel yang identik dan dirancang secara manual atau otomatis untuk mesin agregat. Panel yang termasuk dalam genset ini biasanya digital atau konvensional. Harap dicatat bahwa panel pada motor generator dibagi menjadi tiga bagian, yaitu panel Automatic Transfer Switch (ATS), Automatic Failure Panel (AMF) dan akhirnya Panel Generator Sinkronisasi untuk perbedaan antara ketiganya.

Panel Kegagalan Utama Otomatis atau AMF adalah panel kontrol yang secara otomatis mengontrol sistem hidup / mati motor generator. Jika catu daya utama bermasalah, mis. B. pemisahan dari sumber daya utama, panel kontrol secara otomatis menyalakan motor generator. Bahkan jika sumber listrik utama dihidupkan, panel kontrol secara otomatis mematikan mesin. Secara umum, panel agregat yang satu ini telah dikombinasikan dengan panel agregat ATS, dan Anda dapat menyebutnya Panel ATS AMF.

Panel Automatic Transfer Switch (ATS) untuk motor generator itu sendiri adalah panel listrik yang juga memiliki fungsi yang memungkinkan kontrol dua sumber daya secara simultan. Ini ditangani secara otomatis dan tentunya aman. Panel generator ATS ini sangat direkomendasikan untuk pabrik, kantor, atau rumah tangga yang menginginkan generator dengan sistem keselamatan jika sumber listrik utama dipindahkan ke sumber daya alternatif.

Generator sinkronisasi panel adalah jenis panel yang dirancang untuk menggabungkan dua atau lebih sumber arus melalui generator paralel. Ketika generator paralel ini terjadi, fungsinya adalah untuk memperoleh sumber daya listrik yang lebih besar. Perhatikan bahwa panel ini dirancang sehingga sumber daya memiliki 1 sumber.

Jenis switchboard ketiga adalah switchboard listrik yang terkait erat dengan generator set, meskipun ada banyak jenis switchboard lain seperti panel LVMDP, panel flash, atau panel kondensor, dan sebagainya.

Cara kerja generator otomatis
Merupakan cara kerja yang cukup sederhana. Ketika listrik dimatikan atau diputus oleh pemerintah, panel Automatic Transfer Switch (ATS) mengirimkan sinyal perintah ke generator untuk menghidupkan, dan sebaliknya, ketika listrik dihubungkan kembali ke PLN, generator mati secara otomatis. Motor agregat yang terkait dengan sakelar transfer otomatis ini memberikan pemilik mesin generator, seperti industri atau bisnis, dengan kemampuan untuk menyelamatkan operator generator atau tidak memerlukan tenaga manusia tambahan.

Automatic Transfer Switch atau ATS membuat segala upaya untuk memudahkan pemilik mesin generator karena bekerja secara otomatis ketika memindahkan sumber daya utama. Masalah ini adalah sumber yang bersumber dari PLN atau pemerintah dan mesin generator. Ketika arus PLN terputus, generator adalah sumber listrik utama. Namun, ketika listrik dinyalakan, PLN adalah sumber listrik utama.


Dengan panel ATS ini, generator dapat dioperasikan hanya dalam beberapa detik ketika daya dari sumber daya utama PLN gagal. Panel kontrol otomatis ini sangat membantu dan membuat mesin mudah dioperasikan tanpa rusak oleh pemadaman listrik.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*