Jenis dan fungsi panel Genset, salah satunya saklar genset.

4 jenis panel pada generator
Ada beberapa jenis panel generator yang digunakan untuk mendukung sistem kerja generator. Ini biasanya untuk memudahkan operasi. Biasanya ada beberapa iklan yang menunjukkan secara detail apa yang berfungsi di generator.

Beberapa panel yang biasa digunakan dengan generator termasuk Automatic Transfer Switch (ATS), Automatic Main File (AMF), Panel Sinkronisasi, dan Panel PKG. Panel yang digunakan pada genset dijelaskan lebih terinci di bawah ini:

ATS (SWITCH TRANSFER OTOMATIS)/ saklar genset

ATS sendiri merupakan kelanjutan dari Transfer Transfer Otomatis, sirkuit listrik yang memiliki fungsi saklar yang bekerja secara otomatis jika terjadi pemadaman listrik yang direncanakan atau kegagalan daya tiba-tiba. Pusat ini kemudian secara otomatis akan bekerja sendiri untuk mengendalikan pembangkit listrik dari sumber lain. Umumnya, gunakan motor generator.

Sebagai sumber daya baru. Pekerjaan panel ATS juga terbalik ketika PLN dihidupkan. Generator secara otomatis mati dan mengembalikan sumber daya PLN yang digunakan.

AMF (KESALAHAN UTAMA OTOMATIS)

AMF atau Automatic Main Falure adalah sirkuit pada panel kontrol yang secara otomatis menghidupkan atau mematikan generator tanpa dihidupkan oleh orang-orang.

Prinsip utamanya adalah bahwa ketika listrik PLN padam, panel AMF akan secara otomatis menyalakan generator segera dan listrik akan mengalir dan sebaliknya, ketika listrik PLN menyala untuk makan secara otomatis, panel AMF juga akan menjadi generator off.

SYNC FIELD

Bidang sinkronisasi biasanya digunakan untuk menyinkronkan kekuatan dua atau lebih generator. Panel sinkronisasi digunakan ketika beban bervariasi dan cukup besar dan ketika generator digunakan tanpa gangguan. Jika bebannya cukup bervariasi dari waktu ke waktu, akan sangat sia-sia menggunakan 1 generator. Dengan asumsi bahwa beban bervariasi antara 300 kVA dan 1.000 kVA, akan lebih efisien untuk menggunakan 2 x 500 kVA daripada 1 x 1.000 kVA.

Saat menggunakan 2 x 500 kVA, yang disinkronkan, hanya 1 generator yang menyala ketika beban masih di bawah 500 kVA. Jika beban 750 kVA, beban dibagi rata antara 375 kVA / unit dengan kedua unit dihidupkan.

panel PKG

Panel PKG memiliki fungsi yang hampir sama dengan panel generator AC dan DC. Perbedaannya adalah bahwa panel PKG terputus dari unit generator sedangkan panel DC dan AC diinstal dengan unit generator. Dalam hal fungsinya, ada hampir operasi generator, yang meliputi mulai, berjalan, berhenti, berhenti darurat, dan yang dilengkapi dengan perlindungan dan pemantauan yang baik, perlindungan dan pemantauan mesin diesel dan alternator (generator),


Panel pkg saat ini menggunakan berbagai modul yang juga berfungsi sebagai AMF (File Utama Otomatis).

Begitu sedikit penjelasan dan informasi pada panel yang biasa digunakan untuk mengoperasikan generator. Setiap unit memiliki fungsi yang berbeda. Panel diharapkan menjadi lebih baik, lebih stabil, dan lebih mudah dioperasikan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*