Cara Merawat Genset Rumahan yang Mudah

Dalam menggunakan genset rumahan tentunya tidak bisa digunakan setiap hari dan perlu dilakukan perawatan secara rutin. Cara ini diterapkan guna mencegah kerusakan yang ditimbulkan pada genset karena terlalu sering digunakan.

Perawatan pada genset memang perlu dilakukan supaya mesin tetap awet dan tidak perlu melakukan penggantian terhadap sparepart. Namun, dalam perawatan genset harus memperhatikan beberapa hal supaya tidak menimbulkan kerusakan di sejumlah komponen.

Cara Merawat Genset di Rumah

  1. Lakukan Pemanasan Genset

Mesin genset harus dilakukan pemanasan minimal satu kali untuk satu minggu. Pemanasan ini memiliki tujuan supaya mesin tetap dalam kondisi aktif supaya ketika dinyalakan masih lancar dan tidak perlu dilakukan penggantian.

  1. Memeriksa Bagian Aki

Genset rumahan bisa dilakukan perawatan dengan memeriksa secara rutin bagian aki guna memastikan koneksinya tidak longgar. Selain itu, pastikan juga untuk sistem listriknya tidak berkarat sehingga tetap melancarkan kinerja dari genset.

  1. Memeriksa Sistem Kontrol

Kelancaran genset dalam menyalurkan beban dengan memeriksa bagian sistem kontrol secara berkala. Pastikanlah sudah mengecek log data dengan benar pada saat melakukan pemanasan mesin dan kembalikan ke auto.

  1. Memeriksa Bahan Bakar

Lakukan pemeriksaan genset rumahan di bagian kondisi filter bahan bakar guna memastikan jalurnya telah berjalan dengan baik. Hal ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap fungsi mesin genset supaya tetap menyala.

  1. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Pembersihan terhadap genset harus dilakukan secara rutin supaya terhindar dari kotoran dan debu yang menempel. Proses untuk membersihkan bagian genset ini bisa menggunakan lap kain ataupun kemoceng secara hati-hati agar tidak menyentuh bagian riskan yang menimbulkan kerusakan.

  1. Memeriksa Indikator Mesin

Pemeriksaan genset rumahan harus melihat tekanan oli hingga suhu radiator yang ada di dalamnya. Lakukan pemeriksaan dengan cara mendengarkan suara mesin dan apabila terjadi kebisingan yang tidak seperti biasa segera lakukan pemanggilan terhadap mekanik untuk melihatnya secara langsung.

Dengan dilakukan perawatan terhadap genset rumahan bisa membuat kondisinya tetap aman dan menyala ketika nanti dibutuhkan. Perawatan genset harus dilakukan secara rutin supaya tidak menimbulkan kerusakan terhadap beberapa komponen di dalamnya.

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *